VISI & MISI PONDOK PESANTREN DARUL MUJAHIDIN

  1. Visi

Ma’had Darul Mujahidin Muhammadiyah bukan hanya mampu membentuk dalam bidang keilmuwan, keulamaan, dan juga kekaderan, tiga fungsi ini yang akan diwujudkan dalam output gerakan Ma’had Darul Mujahahidin Muhammadiyah Muntilan.

Visi Ma’had Darul Mujahidin Muhammadiyah Muntilan  adalah:

Indikator visi :

  1. Berilmu : terwujudnya individu yang bersih dalam beraqidah (salimul aqidah), mampu beribadah dengan benar (shahihul ibadah), mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan mampu manghafal Al-Qur’an 10 juz.
  2. Berjiwa keulamaan : terwujudnya individu yang santun dalam bertutur kata dan berperilaku islami,berwawasan luas, dan berprestasi dalam akademik (agama dan umum) serta memiliki orientasi keumatan
  3. Kekaderan : terwujudnya individu yang memiliki etos pengabdian kepada pengetahu-an, kepada diri sendiri, pengabdian kepada sesama, pewarisan nilai perjuangan atau kesinambungan gerakan Muhammadiyah. yaitu Etos Pengabdian kepada Semesta (rahmatan lil alamin), dalam rangka menuju “Masyarakat Islam Yang Sebenar-benarnya” (MIYS) atau “Masyarakat Utama”.

      2. Misi 

  1. Melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai dengan HPT Muhammadiyah.
  2. Melaksanakan kegiatan ta’lim dan pelajaran tambahan untuk mata pelajaran umum.
  3. Membiasakan berbicara dengan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari.
  4. Melakukan pelatihan softskill dalam pengembangan potensi.
  5. Membetuk miniatur perkaderan ortom di dalam Ma’had Darul Mujahidin Muhammadiyah

      3. Tujuan

Tujuan Ma’had Darul Mujahidin Muhammadiyah adalah meletakkan tiga fondasi utama yaitu Keilmuwan, Keulamaan dan Kekaderan sebagai ruh gerakan Ma’had Darul Mujahidin Muhammadiyah Muntilan.

. Bertolak dari tujuan umum tersebut, Ma’had Darul Mujahidin tujuan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan peserta didik yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai ibadah dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
  2. Menghasilkan peserta didik yang berakhlak karimah.
  3. Mewujudkan peserta didik yang memiliki wawasan luas dalam bidang agama maupun akademik.
  4. Menghasilkan peserta didik yang mampu menguasai bahasa Arab dan Inggris dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menghasilkan peserta didik yang mampu mengembangkan potensi dalam segala aspek .
  6. Membentuk peserta didik yang memiliki jiwa keulmamaan yaitu ruh keumatan, peduli akan keadaan sosial dimansrakat dengan cara gerakan dakwa yang masif
  7. Mewujudkan sanstri yang berjiwa kekaderan sehingga ruh gerakan santri adalam ortom di Muhammadiyah