Tips Hafalan Al-Qur’an Ponpes Tahfidz Darul Mujahidin

Tips Hafalan Al-Qur’an Ponpes Tahfidz Darul Mujahidin

 

Hafalan Al-Qur’an merupakan pokok atau hulu dari segara ilmu islam. Menghafal menjadi kunci utama untuk dapat menapaki ilmu-ilmu dinul Islam lainnya. Bagaimana tidak, seluruh hulu Ilmu Islam ada pada Kitabullah yaitu Al-Qur’an. Lalu bagaimana Ma’had Tahfidz ini dalam meningkatkan hafalan para santrinya? Dengan kemampuan para santri yang berbeda beda, tentu hal ini membutuhkan terobosa tersendiri. Madrasah Tsanawiyah Darul Mujahidin Muntilan memiliki tips dan trik yang mungkin bisa diadopsi oleh milenial bahkan bagi mereka yang sudah berumur.

  1. Para santri penghafal Al-Qur’an wajib memberikan setoran setiap 2 jam sekali.

Mahad Tahfidz yang terletak di Kabupatena Magelang Jawa Tengah ini, mewajibkan setiap santri untuk melakukan setoran Hafalan setiap dua jam sekali, di anjurkan mereka menyetorkan Hafalan mulai dari setengah muka. Atau jika tidak mampu menyetorkan apa yang telah mereka hafalkan selama 2 jam. Di dalam sistem Pesantren Tahfidz Darul Mujahidin para santri di perbolehkan menyetorkan kepada teman, ataupun musrif dengan syarat bacaan dan hafalan sudah di atas mereka. Dengan begitu akan mempermudah hafalan Al-Qur’an mereka selama di Mahad.

  1. Menghafal dengan sistem panduan dari Pesantren

Ponpes mts darul mujahidin selama proses hafalan, memberikan panduan berupa buku panduan Al-Qur’an, setiap selesai menghafal, para santri menulis apa yang telah mereka hafalkan , dengan begitu para asatidz mahad darul mujahidin akan mengetahui jumlah hafalan yang telah mereka dapatkan selama seharian. Para santri Tahfidz biasanya menyebutkan dengan buku acuan.

  1. Menghafal dengan sistem mendengarkan

Sebagain dari santri ma’had tahfidz mts darul mujahidin muntilan, mengalami ketertinggalan dalam membaca Al-Qur’an, faktornya bermacam-macam. Namun hal itu bukanlah suatu halangan bagi para santri untuk menghafalkan kalamullah yaitu denga sistem mendengarkan, mendengarkan Al-Qur’an bisa dengan dua sistem itu melalui para musrif yang membacakan bacaan ayat terlebih dahulu kemudia para calon hafidz menirukan dan mengulang minimal 10 kali. Atau dengan mendengarkan bacaan qori secara mandiri. Dengan begitu mereka akan mudah menghafalkan dan tidak mengalami ketertinggalan.

  1. Para santri ma’had tahfidz darul mujahidin harus menguasi kosa kata dalam Al-Qur’an

Menguasi disini, bukan berarti semua kata dalam Al-Qur’an, melainkan dengan menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an yaitu Surah Al Baqarah. Dalam Surah Al Baqarah mengandung sebagaian besar kosa kata dalam ayat lainnya. Sehingga apabila santri dapat menghafalkan kosa kata dalam Surah Al-Baqarah, tentunya ini akan mempermudah santri Ponpes Darul Mujahidin Muntilan untuk menghafalkan.

  1. Meluruskan niat para santri tahfidz

Niat menjadi hal dasar bagi anak-anak santri di Pesantren mts darul mujahidin untuk menghafalkan, karena dari sinilah kunci untuk apa, untuk siapa, dan di persembahkan untuk siapa hafalan ini. Maka setiap satu minggu sekali diadakan Dars Hayah, yaitu seperti motivasi bagi santri tahfidz di Darul Mujahidin Muntilan agar senantiasa memperbaharui niat mereka. Dengan begitu mereka akan lebih semangat dan fokus dalam hafalan mereka.

Kunci Menghafal Quran dengan kesabaran

Metode atau cara yang di terapkan Ponpes Darul Mujahidin Muntilan, bukanlah proses abal-abal atau tidak memberikan dasar yang kuat. Simak saja sudah hampir 3 kali atau lebih Ma’had darul Mujahidin mampu menorehkan prestasi di level Kabupaten hingga Provinsi,seperti contohnya di perlombaan Tahfidz. Kunci keberhasilan itu ada pada jiwa keuletan dan kesabaran para santri dalam melakukan Hafalan Al-Qur’an. Dengan begitu terbukti sudah, metode yang di terapkan oleh Pesantren Tahfidz Mts Darul Mujahidin Muntilan membuahkan hasil yang terukur. Maka oleh karena itu mulai hari ini, orang tua tidak perlu mengkhawatirkan putra putrinya dalam memilih pesantren, insyaallah dengan bergabung dengan Ma’had Darul Mujahidin Muntilan Magelang akan meningkatkan prestasi anak-anak kelak.

Nah itu tadi adalah sekilas mengenai trik dan tips menghafalkan Al-Qur’an di Ponpes Tahfidz Darul Mujahidin, semoga dengan adanya Pesantren ini, Bapak Ibu orang tua wali bisa mendukung putra putrinya untuk bersama mts Darul Mujahidin mewujudakan hafidz, dan hafidzoh yang mutqin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *