Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Muhammadiyah

Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Muhammadiyah

Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Muhammadiyah – Muhammadiyah muncul guna menjawab persoalan yang terjadi pada abad 19 oleh umat Islam. Salah satu persoalan yang cukup pelik saat itu adalah persoalan di bidang pendidikan. Lebih spesifik, Muhamadiyah melalui lembaga pendidikannya memasukkan pendidikan-pendidikan terkait keagamaan Islam, dengan corak modern yang dibawa oleh pendirinya, yaitu Kyai Haji Ahmad Dahlan. Muhamamdiyah merupakan konsekuensi logis atas pertanyaan yang muncul di benak umat islam saat itu. umat Islam di bawah pemerintahan kolonial Belanda, menunjukkan banyak perilaku bid’ah, khurat, dan tahayul. Maka munculnya Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi bernafaskan Islam, menjadi jawaban bagaimana pendidikan keagaaman yang bersifat global. Pesan global islam ialah rahmatan lil ‘alamin, Dimana Islam adalah agama yang diturunkan ke bumi guna mencerahkan umat-umat Muhammad. Untuk mendapat pencapaian pemahaman terkait Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin maka Muhammadiyah menurunkan prinsip-prinsip dalam lembaga pendidikannya guna menjawab persoalan tersebut.

Melihat sejarah pertumbuhan dan perkembangan Muhammadiyah sebagai sebuah persyarikatan. Terdapat ciri tertetu dalam identitas dan hakikat Muhammadiyah. Berangkat dari hal tersebut secara sepintas Muhammadiyah mempunyai ciri-ciri perjuangan diantaranya adalah, Muhammadiyah adalah gerakan Islam, kedua Muhammadiyah adalah gerakan dakwah Islam amar ma’aruf nahi munkar, dan Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid. Dari tiga pokok perjuangan Muhammadiyah tersebut, dapat ditarik beberapah hal terkait prinsip Muhammadiyah dalam lembaga pendidikannya. Mengingat bahwa Muhammadiyah mempunyai banyak lembaga pendidikan yang dalam struktur Muhammadiyah dikenal sebagai badan amal usaha Muhammadiyah.

Sebagai gerakan Islam Muhammadiyah mempunyai prinsip-prinsip yang berangkat dari ayat-ayat pada kitab suci Al-qur’an. Maka dari itu, secara tegas gerakan Muhammadiyah secara tegas ingin menampilkan wajah Islam dalam wujud yang riil, konkret, dan nyata, yang dapat dihayati, dirasakan, dinikmati oleh umat sebagai rahmatan lil’alamin. Berbagai amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, merupakan salah satu wadah yang dibentuk guna menyiarkan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Maka berbagai amal usaha Muhammadiyah dalam berbagai bidang, dan khususnya bidang pendidikan mempunyai prinsip untuk menyiarkan ide-ide Islam dalam pandangan yang modernis. Amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan merupakan bentuk manifestasi dakwah islamiyah yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Lembaga pendidikan Muhammadiyah diadakan dengan niat dan tujuan tunggal, yaitu untuk dijadikan sarana dan wahaa dakwah Islamiyah. Sejak awal telah melekat dalam tubuh persyarikatan Muhammadiyah bahwa organisasi Islam tersebut merupakan Gerakan Tajdid atau Gerakan Reformasi. Oleh sebab itu Muhammadiyah sejak semula menempatkan diri sebagai salah satu organisasi yang menempatkan diri sebagai organisasi yang fokus menyebarkan ajaran Agama Islam sebagaimana tercantum dalam Al-qur’an dan Assunah. Dalam bidang pendidikan Muhammadiyah yang berangkat dari ide pembaharuan maka berupaya untuk terus melakukan pembaharuan dalam bidang pendidikan, khususnya terkait pendidikan di bidang keagamaan.

demikian, pemahaman terhadap filsafat pendidikan Muhammadiyah implikasinyadapat dilihat sebagai berikut:

  1. Lembaga pendidikan Muhammadiya pada awal berdirinya berdasarkan filsafatidealisme
  2. Pendidikan Muhammadiyah dalampelaksanaannya berdasarkan landasan Pragmatisme dengan tidak meninggalkan landasan idiologis yang merupakan ciri khasnya.
  3. Pendidikan Muhammadiyah harus dikelola dengan berorientasi pada pengelolaan yang professional dengan mengurangi keterkaitan historis dan kepeloporannya
  4. Kurikulum pendidikan Muhammadiyah harus dihubungkan dengan masalah sosial, politik, ekonomi, dan sebagainya.

Empat poin diatas merupakan prinsip-prinsip yang berakar dari pemahaman tentang Alquran dan Assunah. Dri empat point tersebut Muhammadiyah bergerak menjadi basis lembaga pendidikan yang berada di bawah Muhammadiyah.

Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Muhammadiyah mendasarkan pada ajaran keislaman yang murni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *