Kepedulian Muhammadiyah atas pendidikan

Kepedulian Muhammadiyah atas pendidikan

Kepedulian Muhammadiyah atas Pendidikan – Kepedulian Muhammadiyah terhadap dunia pendidikan telah termaktub dalam Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. Adapun beberapa poin yang mengemukakan komitmen Muhammadiyah dalam bidang pendidikan termaktub dalam pasal 3, Anggraran Rumah Tangga Muhammadiyah. Dalam pasal tersebut terdapat poin atau ayat yang dengan jelas tertulis di antaranya ada pada point 1 yang berbunyi, “Menanamkan keyakinan, memperdalam dan memperluas pemahaman, meningkatkan pengamalan, serta menyebarluaskan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan”. Point 2 yang berbunyi, “Memperdalam dan mengembangkan pengkajian ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan untuk mendapatkan kemurnian dan kebenarannya.”, dan point yang dengan jelas menggambarkan komitmen Muhammadiyah  termaktub pada point 5 yang berbunyi “Memajukan dan memperbaharui pendidikan dan kebudayaan, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta meningkatkan penelitian.” Dalam pasal tersebut, Muhammadiyah memberikan gambaran secara umum terkait halauan guna yang terwujud dalam bentuk amal usaha, program, dan, kegiatan.

Pada perjalanannya komitmen Muhammadiyah yang tertera dalam Anggaran Rumah Tangga tersebut mewujud dengan banyaknya lembaga pendidikan di bawah nauangan Muhammadiyah dalam bentuk, Taman Kanak-Kanak (TK) hingganUniversitas di berbagai daerah di Indonesia. lembaga Pendidikan Muhammadiyah sendiri mempunyai berbagai macam bentuk beasiswa pada lembaga pendidikannya guna memberikan jaminan kepada masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya tetapi tidak mempunyai dana.

Salah satu bentuk kepedulian Muhammadiyah dalam pendidikan terbentuk dengan pembangunan pesantren Muhammadiyah yang berkemajuan. Dalam seminar yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Semarang pada tanggal 14 Maret 2020. Haedar Natsir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan

“Muhammadiyah sekarang ini sudah memiliki pesantren, dan lembaga yang mengurusnya. Tentu tidak sekadar banyak, tapi dibangun dengan planing dan analisis yang serius. Buat apa punya banyak pesantren jika kualitasnya tidak baik. Lebih baik sedikit tapi berkualitas. Tapi juga sedang mengupayakan bagaimana caranya agar banyak tapi semuanya berkualitas,” kata Haedar., dalam liputan di muhammadiyah.or.id

Dalam seminar tersebut Haedar mengungkapkan bahwa dirinya sepakat dengan apa yang diungkapkan oleh Kuntowijoyo, dimana Kunto mengatakan bahwa Muhammadiyah telah berhasil menciptakan generasi muslim yang terpelajar melalui pendidikan lantaran dapat mengembangkan mutu sekolah yang mengajarkan Islam dalam perspektif modern.

Tidak hanya sampai disitu Muhammadiyah juga mempunyai berbagai macam program pendidikan. Diantaranya adalah program beasiswa yang berada di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Sebut saja salah satu contohnya adalah Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah yang merupakan program bantuan biasa pendidikan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada laman umy.ac.id disebutkan bahwa beasiswa tersebut diberikan pada mahasiswa baru yang memiliki potensi dan prestasi akademik yang aktif di organisasi Muhammadiyah, khususnya organisasi ortonom Muhammadiyah. Beasiswa yang diberikan adalah pembebasan seluruh biaya studi selama 4 tahun, yang akan dievaluasi setiap semester.  Pada tahun akademik 2020/2021 UMY akan memberikan Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah sebanyak – banyaknya 14 mahasiswa baru.

Dua bentuk tersebut merupakan contoh dari kepedulian Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Di luar dua hal tersebut masih banyak hal yang menunjukkan bahwa Muhammadiyah merupakan lembaga atau organisasi masyarakat dalam bentuk organisasi Islam modern yang peduli dengan pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai lembaga pendidikan yang menjadi badan amal usaha Muhammadiyah, beasiswa pendidikan yang diberikan Muhammadiyah kepada siswa-siswa yang ada di sekolah-sekolah Muhammadiyah ataupun beasiswa yang diberikan ke universitas yang berada di bawah nauangan Muhammadiyah merupakan bentuk dari kepedulian organisasi tersebut, sebagaimana yang termaktub dalam Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah.

Kepedulian Muhammadiyah atas pendidikan diwujudkan dengan membangun lembaga pendidikan berkualitas di pelosok-pelosok negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *